Minggu, 31 Mei 2009


Pengertian Komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.

Hardware

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Untuk merakit komputer(PC) kita harus tahu tentang hardware komputer(PC) diantaranya sebagai berikut:

1.Casing CPU
2.Memori
3.Motherboard
4.VGAcard
5.Processor
6.Scanner
7.Stabilizer
8.Printer
9.mouse
10.keyboard
11.speaker
12.Monitor
13.DVD R
14.Laser
15.Hardisk
16.LAN card
17.SOUNDcard

1.Casing

casing7

Bhinneka Part NO : SKU01806062
Shipping Weight (Tarif) : 9 kg
Price : US$ 72.00

Mid Tower, Bays : 4x 5.25″, 2x 3.5″, 1x 8 cm front fan, 1x 12 cm rear fan, front USB/Firewire/Audio, PSU 300w, Side Panel, White

CASING ialah tempat untuk memasang motherboard,hardisk, flopydisk, CD-ROM,DVD-ROM atau DVD-RW dan CD-Rw.Selain itu juga untuk melindungi perangkat keras lainnya yang menempel pada chassing CPU.

2.Memori

ram_details

1GB Micro SD
Bhinneka Part No : SKU00308908
Shipping Weight (Tarif) : 0.5 kg
Price : US$ 6.00
Memory Type : Micro SD
Capacity : 1GB

Memori ialah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data dan instruksi semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun instuksi yang dapat diolahnya . Beberapa jenis memori :

1. EDO-RAM(extended Data Out) : Bentuk EDO-RAM adalah SIMM(Singel Inline Memory Module). Slot memory pada motherboard 72 pin. RAM jenis ini dipakai pada Pentium I
2. SDRAM(Synchronous Dynamic RAM) : memori yang dapat mengakses data atau informasi lebih cepat dari EDO-Ram. Bentuk SD-RAM adalah DIMM(Double Inline Memory Module). Slot Memory pada motherboard 168 pin.
3. RD-RAM(RAmbus Dynamic RAM) : memory berkecepatan tinggi digunakan untuk mendukung prosesor Pentium IV. Tipe RD-RAM menggunakan slot – RIMM, mirip dengan slot SDRAM.
4. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM) : Tipe memory generasi penerus SDRAM yang memiliki kemampuan dua kali cepat dari SDRAM. Slot Memori yang digunakan DDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, yaitu 184 pin.
5. DDR 2 ialah memory yang dipakai pada motherboard yang mendukung prosesor HT(Hyper Threading).

3.Motherboard

mother2

Socket :LGA775,
Intel : 945GC,
FSB :1066,
PCIe : X16,
VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-667 support, Intel Core2 Duo support [BULK]

Bhinneka Part No : SKU00507000
Shipping Weight (Tarif) : 2 kg
Price : US$ 34.00

Motherboard ialah perangkat terpenting di dalam komputer yang dijadikam media atau tempat untuk memasang atau meletakkan beberapa peralatan seperti Prosesor, memori, Card VGA, card – card ekspansi lainnya misalnya modem internal, sound card. Satuan untuk prosesor adalah Mhz (Mega Hertz)dan GHz (Giga Hertz).

4.VGA

nvidia_vga_card_6600_gt_pcie_mbga1

Bhinneka Part No :SKU00308908
Shipping Weight (Tarif) : 0.5 kg
Price : US$ 15.00

VGA card adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk menampilkan layar atau tampilan layer pada monitor sesuai dengan perintah dari input.Selain itu juga untuk memperjelas atau memperbagus tampialn pada tampilan pada player misalnya DVD atau VCD.

5.Processor

prosesor

Bhinneka Part No : SKU00706626
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$ 44.00

Clock Speed 2.0 GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box)
Class K8 ,Socket AM2 ,L1 Cache 256 Kb
128Kb + 128Kb ,L2 Cache 1024 Kb,2x 512Kb

Front Side Bus : HyperTransport™ up to 2000 MT/s
Items Included : Heat Sink + Fan
Instructions : MMX
SSE SSE2 SSE3
3DNOW! Professional

Name / Number : Athlon 64 3800+
Core : Windsor
Architecture : 90 nm
Clock Speed : 2.000 MHz

Prosesor ialah sebuah chip (mikroprosesor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer, sehingga dapat bekerja satu sama lain.contoh prosesor yaitu prosesor pentium IV yang menggunakan socket 478 dan prosesor pentium IV HT maksudnya ialah bahwa prosesor ini sudah tidak memiliki kaki-kaki emas dan kaki-kaki emas itu terdapat pada socket prosesor yang terdapat di motherboard.

6.Scanner

copy-of-hp_scanner_large

Bhinneka Part No : SKU00108866
Shipping Weight (Tarif) : 6 kg
Price : US$ 53.00

A4, 1200 x 1200 dpi, Scan 3-D Object, USB
scanner type : Flatbed
Interface USB : compatible with USB 2.0 specifications
ScanResolutions : Opt Up to 1200 dpi
Bit Depth : 48-bit
Package Contents : Contents Ma

Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
pemindai gambar
pemindai barcode
pemindai sinar-X
pemindai cek
pemindai logam
pemindai Optical Mark Reader (OMR)

Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.

Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).

Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:

Flatbed
Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

Automatic Document Feeder (ADF)
Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:

kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen

7.Stabilizer

stab1

Bhinneka Part No : SKU00006741
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$ 20.00

Replaceable surge protection module for data-line protection PRM24 (RJ-45)

Features : Data-line Protection, Replaceable surge protection modules, Surge Protection
Includes : User Manual
Peak Current Common Mode : 0.25 kAmps
NM Surge Response Time (ns) : 0.0 ns
Dataline Protection : RJ45 10/100 Base-T Ethernet protection,
RJ45 10/100 Base-T Token Ring
Data Lines Protected : 1-8
Dimension : 4.37 x 1.75 x 6.91 cm
Weight : 0.02 kg
Warranty : 2 Years

Stabilizer adalah perangkat luar computer yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan listrik atau menyimpan cadangan arus listrik jika terjadi pemadaman listrik/mati lampu.cara penggunaanya yaitu sambungan yang ada pada monitor dan cpu disambungkan pada stabilizer dan stabilizer akan menyambunbgan ke arus listrik.

8.Printer

prin

Bhinneka Part No : SKU00407084
Shipping Weight : 6 kg
Price : US$ 51.00

A4, 4800 x 1200 dpi, 20/16 ppm,
Printing Method : InkJet
Max. Media Sizes : A4
Max. Resolution : 4800
Effective Print Resolution : 4800 x 1200
Print Speed Black : 20 ppm
Print Speed Color : 16 ppm
PC Connectivity : USB
OS Compatibility : Windows Vista™/XP/2000, Mac OS X v.10.2.8 – 10.4
Network Supports : Not Available
Duplex Printing : Not Available
Power Consumption : AC Approx.: less than 0.7W(Print Standby)
AC Approx.: less than 0.5W (Off)
AC Approx.: 7W (Printing)
Dimension (WHD) : 442 x 152 x 237 mm
Weight : 3.3 Kg

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.

Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.

Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

9.MOUSE

mmos

Bhinneka Part No : SKU00308088
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$ 5.90

Optical Mouse
800dpi
Cute Design
USB

Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse.

Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth

10.Keyboard

ketybod

Bhinneka Part No : SKU00307503
Shipping Weight (Tarif) : 0.95 kg
Price : US$ 14.00

Keyboard adalah suatu alat input yang mempunyai banyak fungsi dan karakter.karakter keyboard ini akan di tampilkan pada monitor sesuai dengan perintah dari pangguna computer itu sendiri.

11.Speaker

speke1

Bhinneka Part No : SKU00706755
Shipping Weight (Tarif) : 13 kg
Price : US$ 17.00

2.1 Speaker System 35 Watts RMS
Subwoofer : 19 Watts @ 8 ohms @ 10 % THD @ 40 – 160 Hz Single Channel Loaded
Satellite Driver : Two 28mm full-range and one 3″ midbass driver
Subwoofer Driver One 6.5″ long-throw woofer

SPEAKER (pengeras suara)
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.

12.Monitor

monitor

Bhinneka Part No : SKU00006577
Shipping Weight (Tarif) : 8 kg
Price : US$ 68.00

15″, 1024 x 768, 0.28 mm
Display Type : CRT
Screen Size : 15″
Max. Resolution : 1024 x 768
Dot Pitch : 0.28mm
Contrast Ratio : N/A
Respond Time : N/A ms
Brightness : N/A cd/m²
Display Technology : Standard CRT
Horizontal Freq. : 30 – 58 KHz
Vertical Freq. : 50-160 KHz
Video Bandwith : 100 MHz
Input Connector : D-Sub
Built-in Speaker : Not Available
Built-in TV Tuner : Not Available
Power Consumption Max. : 75 watt
Dimension :470 x 450 x 385 mm

Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:
monitor tabung layar cembung
monitor LCD
monitor plasma

13.DVD

dvd

Bhinneka Part No : SKU00408590

Shipping Weight (Tarif) 1 kg

Price : US$ 24.00

Internal Black IDE,
20x DVD±R,
8x DVD±R (DL),
8x DVD+RW,
6x DVD-RW,
12x DVD-RAM,
48x CD-R,
32x CD-RW,
Dual Layer,
support,.DVD-RW (OEM)
Model Internal DVD Recordable Drive
Color Black
DVD+R Write : 8X
DVD+R DL Write : 8X
DVD+RW Write : 8X
DVD-R Write : 6X
DVD Read : 16X CAV
CD-R Write : 48X
CD-RW Write : 32X
CD Read : 48X CAV
Package : Loose Pack (OEM)

DVD adalah sejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. “DVD” pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah “DVD” saja, dan huruf-huruf tersebut secara “resmi” bukan singkatan dari apapun.

Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna back-up DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink

Cakram keras (Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.

Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar

Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun

14.Laser

laser4


Bhinneka Part NO : SKU00408590
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$ 33.00

Laser adalah sebuah alat penindai yang digunakan untuk mencetak atau menyecan sesuatu misalnya sidik jari atau organ tubuh yang lainya untuk misalnya tulang dan organ tubuh yang lainnya.

15.Hardisk

hards


Bhinneka Part No : SKU00408343
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$25.00

80GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache
Class Hard Drive Internal
Interface : SATA II
Rotational Speed : 7200 RPM
Buffer Size : 8 MB

Hard disk adalah sutatu alat untuk penyimpanan data pada computer dalam jangka panjang.Hardisk ini tersimpan atau melekat pada cpu maka disebut dengan hard drive internal.Hardisk memiliki tempat untuk mnyimpan data yang sangat besar atau data dalam kapasitas yang sangat besar dibandingkan dengan hard drive eksternal seperti foppy disk atau flash disk.

16.LAN card

3com_lan_card_3com_switch

Detailed Gigabit LAN Card Description
Features:
a) 1,000M auto – negotiation LAN card
b) Supports 32bit PCI bus unit
c) Complies with the IEEE802.3 10Base – T, IEEE802.3u 100Base – TX,
IEEE802.3ab 1000Base – T standards
d) Supports CSMA / CD protocol
e) 1 x 10 / 100 / 1,000Mbps auto – negotiation RJ45 port
f) Supports 32bit, 33 / 66MHz PCI bus unit
g) Supports 10 / 100Mbps half / full duplex mode, 1,000Mbps full duplex mode
h) Supports IEEE802.3x full duplex flow control
i) Supports sending and receiving of Jumbo frame at 1,000Mbps
j) Compatible with PCI2.1 and PCI 2.2 standards
k) Auto – matching MDI / MDIX
l) Self – setting IRQ and I / O port address
m) 2 built – in separate FIFO buffers
n) LED indicators: 1 x 10M ACT, 1 x 1, 1 x 100M ACT, 000M ACT
o) Driver: Novell NetWare 4.2, 5. x and 6. x, Microsoft
Windows98 / 98SE / NT / Me / 2000 / XP, Linux

Inner packing:
Box dimensions: 228 x 162 x 50mm
N. W.: 156g

Outer packing:
40pcs / ctn
Carton dimensions: 560 x 495 x 346mm
G. W.: 7.24kg

Bhinneka Part No : SKU00454854
Shipping Weight (Tarif)
Price : US$11.00

LAN card adalah suatu perangkat computer yang berfungsi untuk membentuk atau untuk mengatur jaringan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya supaya ada hubungan jaringan untuk mangirim dan maenerima data dari suatu computer.

17.Soundcard

cmi_8738_6_channel_sound_card

Bhinneka Part No : SKU0041898
Shipping Weight (Tarif) :
Price : US$9.00

Soundcard adalah suatu perangkat computer yang berfungsi dalam pengaturan audio dalam suatu computer.Alat ini yang nantinya berhubungan dengan speaker agar suara dapat berbunyi dan sebaliknya untuk menginput atau merekam suatu suara.

Landasan Teori Perakitan Komputer (PC)

Adapun tahap-tahap perakitan komputer yaitu:

1. Bukalah penutup casing. Lepaskan baut di bagian belakang casing. Geserlah penutup casing, lepaskan dari rangkaiannya.

2. Ujilah power supply : setiap casing mangandung power supply. Ujilah power supply dengan menghubungkan catu daya power supply ke saluran listrik(PLN). Hidupkan computer untuk memulai pengujian. Perhatikan dan yakinkan power supply berfungsi dengan baik.

3. Siapkan motherboard amati bagian-bagianya dan bukalah pengunci soket prosesor dan ambil prosesor pasangkan pada soket prosesor dengan memperhatikan tanda yang ada pada prosesor yang biasanya ditandai dengan lengkukan ,lubang, dan anak panah dan cocokan dengan soket prosesor yang ada pada motherboard dan jika hal ini dilakukan maka prosesor skan terpasang dengan baik dan benar.

4. Memasang heatsink caranya yaitu sebelum memasang heatsink perhatikan jarak tependek kabel daya unutk kipas dengan konektor daya yang ada pada motherboard agar kabel daya tidak bersinggungan dengan kipas. Lalu letakkan heatsink diatas prosesor dan sesuaikan dengan dudukan pendingin pada motherboard. Kuncilah empat titik pendingin itu dengan cara tekan putar searah jarum jam menggunakan obeng plus(+).

5. Memasang memory yang dipakai ialah memory ddr 2 caranya yaitu bukalah kunci slot memory dan pasanglah memory dengan mencocokkan kaki –kaki memory yang ada dengan slotnya dan tekanlah vertikal ke bawah sampai terdengar bunyi klik dan kunci slot memory akan tertutup sendiri. Yang perlu diperhatikan disini ialah bahwa jika memory ini dipasang terbalik maka tidak akan masuk ke slotnya.

6. Memasang motherboard ke casing yaitu sebelum memasang motherboard cocokanlah motherboard dengan dudukan motherboard yang terdapat pada casing. Untuk setiap lubang baut harus disekrup agar motherboard kita tidak goyah. Untuk mengunci motherboard ke casing maka gunakan obeng bunga dan kuncliah setiap lubang baut dengan baut. Pasanglah kabel power supply pada konektor kabel catu daya yang terdapat pada motherboard.

7. Tahap selanjutnya ialah memasang hardisk pertama setlah jumper pada hardisk pada posisi master caranya dengan melihat label yang terdapat pada hardisk set setelah itu pasanglah hardisk ke casing dengan menguncinya dengan baut.

8. Setelah hardisk terpasang pada casing selanjutnya pemasangan kabel data ke hardisk caranya perhatikanlah pada kabel tersebut terdapat satu garis yang berwarna merah yang menandahkan pin 1 sesuaikan dengan tanda yang terdapat pada hardisk yang ditandai dengan tanda 1. setelah itu pasanglah kabel data pada hardisk dan ujung kabel data lainya pasanglah pada konektor yang terdapat pada motherboard dan garis merah kabel dihubungkan dengan konektor ide/hdd1 yang terdapat tanda 1.

9. Setelah itu pasanglah kabel power suply dengan catu daya yang terdapat pada hardisk.

10. Memasang cd rom caranya seperi memasang hardisk yang perlu diperhatikan sini ialah jika menggunakan satu kabel dengan hardisk setlah jumper pada posisi slave. Setelah pasanglah kabel data dimana pin kabel yang berwarna merah dihubungkan dengan tanda 1 yang terdapat pada cd rom. Jika menggunakan kabel tersendiri maka setlah jumper pada posisi master dengan pin kabel berwana merah dihubungkan dengan cd rom yang ditandai dengan 1 dan pasanglah ujung kabel lainnya ke konektor ide/hdd2 yang terdapat pada motherboard. Untuk tahap selanjutnya yaitu pasang kabel power supply ke konektor catu daya yang terdapat pada cd-rom .

11. Setelah selesai pasang konektor kabel misalnya kabel power,kabel speaker,kabel led power, kabel led hardisk , kabel reset pada konektornya di motherboard caranya dengan memperhatikan tulisan terdapat disana.Setelah itu kuncinglah penutup casing dengan baut.

Tahap Penginstalan

1. Hidupkan komputer dan langsung tekan tombol delete.

2. Setelah itu masuk ke bios dan ubah boot sequence ke cd-rom yang biasanya terdapat pada menu bios features setup.

3. Lalu keluar dari menu bios features setup dan pilihlah menu save & exit setup.

4. Maka komputer akan restart, sebelum restart masukkan cd sistem operasi didalam cd drive.

5. Setelah itu pada tampilan pertama pilih F8 untuk melanjut.

6. Setelah itu maka pada halaman selanjutnya kita partisi hardik dan memformat Hardisk.

7. Setelah itu maka ikuti instuksi selanjutnya sampai tahap selanjutnya maka akan diminta cd key yang terdiri dari 25 karakter. Masukkanlah cd key yang terdapat pada label cd dengan benar.

8. Ikuti instuksi selanjutnya maka komputer akan restart dan setelah itu komputer siap digunakan.

9. Masukan cd driver ke dalam cd rom yang terdapat dalam kotak motherboard lalu klik instal untuk menginstal semua driver.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar